broadcast_2011@smkn2Tasikmalaya. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Translate this Blog

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Editing dalam Film



EDITING
1 Proses Capturing
Di tahap ini editor melakukan pemindahan gambar atau transfer video hasil rekaman yang masih berbentuk pita kaset ke dalam komputer sehingga menjadi bentuk digital. Namun, karena kamera yang digunakan merupakan kamera digital sehingga saat proses pengambilan gambar sudah berbentuk file jadi file dalam kamera hanya dipindahkan saja ke komputer untuk langsung di edit jadi tidak membutuhkan proses capturing.
2 Tahapan Proses Editing
2.1 Preview Screening
Pada tahap ini editor telah menerima keseluruhan bahan mentah/materi shooting berupa kaset yang kemudian ditonton bersama dengan rekan satu tim.
Dan hal ini juga dimaksudkan agar seorang editor mengenali semua bahan baku yang didapat dari hasil kerja satu tim di dalam proses produksi.
2.2 Logging
Dalam tahap ini seorang editor melihat catatan atau menyesuaikan shots berdasarkan laporan time code agar nantinya juga dapat memudahkan seorang editor untuk memilah dan memilih shots yang menurut laporan time code baik dan sesuai dengan kebutuhan skenario. Walaupun tidak menutup kemungkinan shots yang menurut laporan time code kurang baik juga akan digunakan nantinya.
2.3 Assembling
Pada tahap ini, editor mulai menyusun dan menyambungkan setiap shot berdasarkan urutan treatment atau outline. Tapi penyambungan yang dilakukan masih sangat kasar dan masih menggunakan durasi yang sebenarnya (menurut laporan time code). Atau masih kasar dan belum ada transisi.
2.4 Rough Cut
Editor memotong & membuang adegan-adegan yang tidak dipakai dan merangkumnya menjadi satu alur cerita. Lalu memilih shots yang dianggap sudah mewakili skenario. Editor melakukan penyusunan pertama berdasarkan inti cerita yang ingin dicapai. Dalam tahap ini editor banyak melakukan diskusi terutama dengan sutradara.
2.5 Fine Cut &Triming
Pada tahap ini editor mulai melakukan pemotongan dan penghalusan gambar yang sudah tersusun baik. Editor kemudian merapihkan setiap potongan antar shot yang masih kurang baik atau mengganggu. Dalam tahap ini editor juga memberikan efeks atau transisi sebagai penyambungan/ perpindahan shot dan scene. Tujuan dari tahap ini adalah agar alur cerita tersusun baik dengan insert shot yang tepat.
3 Format Akhir/Burning
Tahap akhir dari proses editing adalah rendering, yaitu menyatukan video, audio dan footage lainnya menjadi satu file utuh. frame rate 720 x 576 beserta aspect ratio 16:9, kemudian diubah ke dalam bentuk avi (DVD) program rendering menjadi format AVI,setelah selesai di-render maka di burning ke format DVD video.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Our Twitter

TV online Live Streaming : Mivo.tv