broadcast_2011@smkn2Tasikmalaya. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Translate this Blog

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Skenario dalam film


Skenario

Secara umum skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa cerita yang disusun terjadi sesuai dengan yang di inginkan.
Secara khusus skenario adalah naskah cerita yang ditulis dengan istilah-istilah kamera yang digunakan sebagai panduan untuk pembuatan sebuah tayangan (Film, Sinema elektronik/sinetron drama).


1. Ide Dasar
Ide yaitu penentuan atau pemilihan ide apakah menarik dan layak dijadikan sebuah program. Kemudian dilanjutkan dengan riset dan pengembangan gagasan tersebut.
2.Tema
Tema berarti pokok pemikiran, ide atau gagasan serta yang akan di sampaikan oleh penulis dalam tulisannya. Tema dapat diartikan sebagai pengungkapan maksud dan tujuan, tujuan yang di rumuskan berupa kalimat.
3. Synopsis
Synopsi merupakan ringkasan cerita, yang dikembangkan dari imajinasi seorang penulis naskah, yang kemudian dikembangkan menjadi sinopsis. 
4. Tokoh
Tokoh ialah pelaku dalam karya sastra. Dalam karya sastra biasanya ada beberapa tokoh, namun biasanya hanya ada satu tokoh utama . tokoh utama ialah tokoh yang sangat penting dalam mengambil peranan dalam karya sastra. Dua jenis tokoh adalah tokoh datar (flash character) adalah tokoh yang hanya menunjukan satu segi dan tokoh bulat (round character) adalah tokoh yang menunjukkan berbagai segi, baik buruknya, kelebihan dan kelemahannya. 
5. Plot / Alur Cerita
Plot atau alur adalah struktur rangkaian kejadian dalam cerita yang di susun sebagai urutan bagian-bagian dalam keseluruhan fiksi. Dengan demikian, plot merupakan perpaduan unsur-unsur yang membangun cerita sehingga menjadi kerangka utama cerita. Plot merupakan kerangka dasar yang amat penting. Plot mengatur bagaimana tindakan-tindakan harus berkaitan satu sama lain , bagaimana suatu peristiwa mempunyai hubungan dengan peristiwa lain, serta bagaimana tokoh di gambarkan dan berperan dalam peristiwa itu.
6. Kerangka Skenario
Ketika sinopsis di pindahkan ke bentuk skenario, maka terjadi perubahan media yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Dari media kata-kata ke media film. Maka itu dianjurkan sekali agar skenario tidak langsung di garap setelah membuat sinopsis. Tapi harus melalui tahap-tahap perencanaan dan pembuatan kerangka dulu.untuk memasuki tahap itu, pertama-tama penulis harus mempertanyakan bahan kerangka tersebut secara garis besar :
a)    Bagaimana cerita akan di tuturkan dalam filmnya nanti.
b)   Bagaimana cara menggambarkan adegan-adegan yang efektif dan menarik secara filmik
c)    Bagaimana penataan dramatiknya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Our Twitter

TV online Live Streaming : Mivo.tv